Pages

Saturday, July 6, 2013

Babak Baru Perang Korea: Perang di Dunia Maya



Perang Korea kini mulai merambah babak baru. Di era teknologi ini, kedua negara bersaudara yang sudah selama beberapa dekade bertikai ini tidak hanya memperkuat sisi militernya saja (untuk berjaga – jaga jika suatu waktu nanti gencatan senjata akan berakhir), tapi kini mereka mulai “bermain” di dunia maya. Hacking tingkat tinggi merupakan kasus yang paling banyak dikeluhkan terjadi oleh pihak Republik di selatan.
Sejumlah ahli menyatakan, Korea Utara sengaja membiayai sebuah unit berisi para peretas elite. Surat kabar papan atas Korea Selatan,Munhwa Ilbo, melaporkan, seorang di antara para petinggi militer dan intelijen yang melakukan peretasan mutakhir untuk menyebarkan keraguan atas hasil investigasi itu.
Pada 20 Mei, tim investigasi multinasional menyatakan telah menemukan bukti meyakinkan, kapal perang Cheonan tenggelam karena tembakan torpedo dari kapal selam Korut. Bukti penting dalam penyelidikan itu adalah ditemukannya pecahan torpedo yang memuat nomor seri produksi khas huruf Korut.
Korsel meradang atas temuan tersebut. Melalui berbagai lobi, mereka minta dukungan internasional untuk penjatuhan sanksi baru Dewan Keamanan PBB kepada Korut. Langkah itu diperkuat dengan pertemuan Korsel, Jepang dan Tiongkok untuk memuluskan kampanyenya.
Apa yang terjadi pada Mei lalu itu bisa jadi hanya awalan saja dari babak baru yang sebenarnya. Perang masif di dunia maya yang kemudian diteruskan dengan meletusnya kembali perang nyata di Semenanjung Korea. Akankah hal tersebut terjadi? Hanya Tuhan yang tahu.
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
@adityaknz ) - Alvian Aditya Kanzi

0 comments:

Post a Comment